Enam Perangkat Daerah Berprestasi Dapat Penghargaan Innovative Government Award 2021

0

PelitaTangerang.com. TANGERANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang memberikan Piagam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 kepada enam Perangkat Daerah berprestasi dengan kategori ‘Inovatif’ tahun 2021.  
Enam perangkat daerah kategori inovatif yang mendapatkan penghargaan yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kecamatan Kelapa Dua, Kecamatan Cisauk, Kecamatan Mekar Baru, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika.
Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang, Taufik Emil mengatakan, penghargaan diberikan berdasar pada akumulasi jumlah dan kualitas inovasi perangkat daerah yang dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, melalui aplikasi penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) tahun 2021.
“Indeks Inovasi Daerah (IID) adalah suatu penilaian inovasi daerah yang ditetapkan sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2021, sebagai salah satu bentuk implementasi dari upaya memotivasi serta mamacu kreativitas pemerintah daerah untuk melakukan praktik yang inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah (Surat Mendagri no. 002.6/3363/SJ),” ujarnya.
Menurut dia, melalui penghargaan ini diharapkan akan dapat terus meningkatkan semangat berkreasi dan berinovasi bagi Perangkat Daerah Kabupaten Tangerang di masa pendemi COVID-19.
Sementara itu, Kasubbid Litbang Bappeda, Deden Hudaedin menambahkan, litbang adalah sebagai tempat menyerap masalah, yang kemudian yang kemudian dirumuskan dalam perumusan kebijakan.
“Litbang daerah dalah ruh dari Bappeda, maka dari itu mari kita tindaklanjuti secara teknis untuk melahirkan kebijakan berbasis research serta menjamin implementasinya,” kata Deden.(Red)