Mengenal Teluknaga, Gerbang Masuk Pendatang Tiongkok

3

PelitaTangerang.com, TANGERANG – Teluknaga, Kabupaten Tangerang, dalam sejarahnya merupakan pintu masuk para pendatang asal Tiongkok, China, yang datang ke Nusantara untuk berdagang. Gerbang masuk para pendatang Tiongkok ini berbatasan dengan wilayah DKI Jakarta. Kini dikenal dengan Kecamatan Teluknaga yang berada di pesisir utara Kabupaten Tangerang. 

Nama Teluk Naga berasal dari dua penggalan kata, yakni Teluk atau bagian laut yang menyisir daratan, dan Naga yang kala itu menjadi ciri khas pendatang Tionghoa yang identik dengan kapal-kapal naganya. 

Para pendatang dari Negeri Tiongkok itu masuk lewat teluk yang merupakan terusan Sungai Cisadane, yang kini telah mengalami perubahan aliran akibat dibangunnya bendungan. Kini Sungai Cisadane menjadi pembatas bagian barat antara Kecamatan Teluknaga dan Pakuhaji. 

Berada di wilayah yang memiliki garis pantai, di Kecamatan Teluknaga terdapat sebuah pantai bernama pantai Tanjung Pasir yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Sisi timur Kecamatan Teluknaga berbatasan dengan DKI Jakarta dan Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. 

Di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Neglasari yang merupakan wilayah Kota Tangerang. Dari perbatasan ini hanya butuh waktu sekitar 10 menit menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

Menjadi gerbang masuk pedagang asal Tiongkok, hal tersebut menjadikan Teluknaga sebagai daerah untuk menetap bagi sebagian pedagang Tionghoa tersebut. 

Salah satunya, Kampung kali Mati di desa Kampung Melayu Barat yang memiliki keunikan dibanding desa-desa lain di wilayah setempat. 

Kampung tersebut didominasi oleh mayoritas Tionghoa, dan masyarakat di kampung tersebut pun dapat hidup rukun dengan penganut agama lainnya. Hal tersebut menjadikan Teluknaga dijuluki miniaturnya Tangerang. 

Kini, Teluknaga juga telah berkembang menjadi kawasan yang memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dinikmati. Selain Tanjung Pasir, Teluknaga juga memiliki Pantai Mangrove. 

Pantai Mangrove menyuguhkan view berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Tangerang. Pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan mangrove sebelum memasuki pantai dengan kesan teduh dan juga nyaman.(Hadi/Re)