Warga yang Viral Buang Sampah di Laut Tanjung Pasir Minta Maaf

0

PelitaTangerang.com, TANGERANG – Seorang warga Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, tertangkap gambar sedang membuang sampah ke Laut Tanjung pasir. Aksinya tersebut menjadi viral di media sosial dan menjadi sorotan berbagai pihak. 

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Samsul Romli, angkat bicara atas peristiwa tersebut. Ia mengatakan aksi tersebut telah ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait. 

“Dari pihak desa maupun kecamatan sudah melakukan mediasi dengan orang yang bersangkutan. Melalui surat pernyataan, yang bersangkutan pun juga sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi,” katanya. 

Samsul juga mengatakan bahwa sebelum mediasi, aksi tersebut juga sudah dikonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. Yang bersangkutan pun mengakui perbuatannya tersebut. 

Sementara itu, Samsul mengungkapkan bahwa masalah persampahan ini memerlukan kolaborasi antarperangkat daerah serta pihak-pihak terkait lainnya agar berjalan dengan lancar. 

“Nantinya kita akan kolaborasi lagi dengan pihak desa dan juga kecamatan karena masalah persampahan ini perlu kolaborasi bersama, bahkan dengan semua perangkat daerah dan juga pihak-pihak terkait. Tidak bisa ditangani sendiri,” ujarnya. 

Menurutnya, masyarakat juga menjadi faktor penting dalam terciptanya lingkungan sehat dan bersih. Ia menuturkan bahwa pihaknya akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan. 

“Ke depannya kami akan lebih sering mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di laut, karena kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan menjadi faktor terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih,” tuturnya. 

Sehubungan dengan itu, pihak desa pun nantinya juga akan menyiapkan gerobak motor untuk memudahkan pengangkutan sampah di Desa Tanjung Pasir. (Red)