Jelang Event PNLG, Pemkab Tangerang Bangun Infrastuktur dan Pemberdayaan UMKM

0

PelitaTangerang.com, Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang benahi Kawasan Urban Aquaculture Ketapang Mauk, Kecamatan Mauk, menyambut ajang internasional Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Government (PNLG) Meeting Summit 2022. Banyak hal yang disiapkan, mulai dari pembangunan infrastruktur, pemberdayaan UMKM, lingkungan hidup, hingga pelibatan masyarakat setempat. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tangerang, Taufik Emil mengatakan, pembangunan di sejumlah infrastruktur akan terus dilakukan guna menyukseskan jalannya event dunia tersebut yang akan digelar pada Oktober tahun 2022 mendatang. Pembenahan yang dilakukan tersebut antara lain adalah melakukan pembangunan dan perbaikan jalan, melakukan penataan lahan parkir, melakukan pembangunan pedestrian, hingga penataan pohon dan hutan mangrove di lingkungan kawasan tersebut.

“Penataan lingkungan hidup sangat penting, dan hal tersebut merupakan garda terdepan dalam pagelaran ini,” ucapnya saat mengikuti rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan PNLG, Selasa (15/02/2022).

Selain pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar nantinya masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari adanya kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi mereka. 

Dia berharap, semua instansi yang masuk ke dalam penyelenggaraan program tersebut bekerja optimal dalam melaksanakan tugas yang sudah diberikan.

“Di area ini kami berencana akan membangun pusat kuliner atau pusat UMKM, dan ini nantinya dapat dipergunakan masyarakat untuk menjual hasil produk olahan mereka dan hasil tangkapan ikan. Mengingat mayoritas masyarakat disini berprofesi sebagai nelayan,” lanjutnya.

Camat Mauk, Arif Rahman mengatakan, dalam penyelenggaraan program tersebut pihak kecamatan fokus pada sisi pemberdayaan masyarakat, yaitu dengan membentuk kelompok pemuda serta kelompok UMKM. 

Selain itu, pihak kecamatan nantinya akan melakukan pembinaan dan memfasilitasi sarana dan prasarana perekonomian di wilayah tersebut.

“Karena tujuan dari pembangunan masyarakat ini tentunya bukan hanya membangun sarana dan prasarana fisik, akan tetapi bagaimana membangun masyarakat dari sisi perekonomian dan pemberdayaan masyarakatnya juga harus dilakukan,” ucap Arif.(Red)