Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Benyamin Ajak Masyarakat Hidup Sehat

18

PelitaTangerang.com, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berkomitmen dalam menggalakan hidup sehat. Salah satunya melakukan Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk Pilar 1 yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kelurahan Serua dan Serua Indah yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Ciputat, pada Rabu (09/11).

Benyamin menekankan bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi upaya dalam mewujudkan hidup sehat di Tangerang Selatan. Dengan deklarasi pilar pertama ini, untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri diharapkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.Bagi Benyamin, yang paling utama adalah mengubah kebiasaan masyarakat. Sehingga MCKnya digunakan sebagaimana mestinya.

“Untuk itu saya butuh relawan-relawan yang dapat bicara dari hati ke hati untuk masyarakat soal gaya hidup sehat, terutama soal MCK nya,” kata Benyamin.

Hal ini untuk percepatan akses sanitasi layak hingga 100 persen, dari capaian yang sudah ada sebesar 99,08 persen.

Karena, kata Benyamin, Deklarasi STBM ini tidak hanya fokus terhadap pembangunan fisiknya. Tetapi, bagaimana mengubah kebiasaannya untuk melakukan hidup sehat.“Yang saya harapkan bukan soal membangunnya saja, tetapi bagaimana budayanya berubah,” kata Benyamin.

“STBM ini adalah cara kita untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan masyarakat, dan harus ditindaklanjuti dengan program yang intensif hingga ke bawah,” tambahnya.

Untuk itu, pada tahun 2023-2024 yang akan mendatang, Benyamin ingin mencapai kualitas pembangunan sampai titik yang terkecil. Dengan padatnya penduduk di Kota Tangerang Selatan, Pemkot akan terus menjalankan program pembangunan-pembangunan untuk masyarakat.(Red)