Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Selamat Hari Pers Nasional 2023

14

PelitaTangerang.com, Banten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ucapkan Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2023. Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Pers memiliki peran strategis dalam menyampaikan.informasi.dan kontrol sosial di masyarakat.

“Media memiliki peran sebagai kontrol sosial, penyebar informasi pembangunan dan tentunya bagian dari pengedukasi kepada masyarakat untuk kita sama-sama memahami segala agenda pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan,” ungkap Al Muktabar, Kamis (9/2/2023).

Dikatakan Al Muktabar, pers dan media dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas dan hal tersebut juga merupakan bagian dari proses edukasi.

“Dalam konteks pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan ini bahwa kita harus bersatu dan kompak untuk mengisi pembangunan. Peran pers itu sangat strategis,” katanya.

Selanjutnya Al Muktabar mengungkapkan dalam memberikan sebuah informasi akan terjadi sebuah proses edukasi kepada masyarakat, sehingga dapat pembangunan mental yang baik.

“Jadi membangun itu tidak selalu harus membangun benda, tetapi membangun sistem thinking (pemikiran) seseorang dan masyarakat, jadi membangun fisik dan non fisik,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar menegaskan bahwa dirinya terbuka terhadap kritik atau masukan, terutama saran dan kritik untuk perbaikan kinerja dan menjadi informasi tersebut sebagai dasar formula dalam menyusun sebuah kebijakan. Ada proses dalam mengimplementasikan saran dan masukan dari masyarakat semuanya tahap demi tahap kita lakukan.

“Jadi informasi yang disampaikan itu menjadi dasar formulasi kebijakan kita dalam menyusun kebijakan-kebijakan daerah. Dan banyak hal yang bisa didapatkan dari informasi yang dijalankan oleh media, dan itu bagian dari yang membangun,” tandasnya.(Red)