Puskesmas Kutabumi Raih Penghargaan Nasional Kategori Penanganan COVID-19 Terbaik

11

PelitaTangerang.com, Tangeramg – Puskesmas Kutabumi, Kabupaten Tangerang, meraih penghargaan kategori Puskesmas dengan Pengelolaan Vaksinasi COVID-19 Terbaik di Provinsi Jawa-Bali dalam ajang Penghargaan Penanganan COVID-19 yang digelar di Gedung Dhanala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.

Kepala Puskesmas Kutabumi, drg. Christina Handar Mujati, mengatakan keberhasilan tersebut diraih berkat dukungan Pemkab Tangerang dalam menangani Pengelolaan Vaksinasi COVID-19. Ia juga menjadikan momen tersebut sebagai momentum untuk terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami merasa bangga dan senang bahwa itu sebetulnya sudah kewajiban kami dalam menjalankan program pemerintah, kami hanya melakukan yang terbaik,” kata drg. Cristina.

“Ke depannya kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas menjadi lebih baik lagi, dan menjadikan puskesmas sebagai pilihan pertama bagi masrayakat dalam mendapatkan layanan kesehatan,” tuturnya.

Diketahui, terdapat sejumlah indikator penilaian pada ajang tersebut, yakni adanya regulasi di tingkat Kabupaten/Kota sampai Kelurahan/Desa, penegakan protokol kesehatan (prokes) di area publik dan puskesmas, kapasitas respon dan juga inovasi puskesmas.

“Untuk mengatur regulasi kami juga sudah membuat SK tingkat Kabupaten sampai Kelurahan/Desa. Lalu untuk inovasi puskesmas, kami telah membentuk Tim Satgas COVID-19 dan perekrutan tracer pada masyarakat kurang lebih 56 orang, serta pembentukan Kampung Tangguh COVID yang bersinergi dengan lintas sektor,” ungkapnya.

Selain itu, sejumlah upaya turut dilakukan Puskesmas Kutabumi dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19, mulai dari area publik hingga pelayanan yang diberikan langsung ke rumah-rumah warga.

“Kami membuka sentra-sentra vaksin pada beberapa area publik, seperti mall dan juga kolam renang. Pelayanan door-to-door juga terus kami gencarkan dengan dibantu TNI Polri sehingga tujuan sasaran vaksin dapat tercapai,” ujarnya.

Ia menuturkan pihaknya juga menyediakan pelayanan care service vaksin yang berada di Puskesmas Kutabumi. Pelayanan tersebut merupakan layanan verifikasi pada sertifikat vaksin yang bermasalah.(Red)