Peringatan Hari Ulos Nasional 2023 , Wakil Bupati Humbahas Sambut Parade Ulos Sepanjang 1000 Meter di Doloksanggul

67

PelitaTangerang.com, Doloksanggul – Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH bersama panitia lokal sambut rombongan panitia Hari Ulos Nasional 2023 di depan Polsek Doloksanggul, Minggu (15/10).

Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan Hari Ulos Nasional itu, rombongan melaksanakan parade ulos sepanjang 1.000 meter. Panitia Hari Ulos Nasional akan mengelilingi kabupaten yang berada di Kawasan Danau Toba termasuk didalamnya Kabupaten Humbang Hasundutan. Ikut dalam rombongan, Ketua Yayasan Pusuk Buhit Effendi Naibaho dan Kepala Pusat Dokumentasi dan Pengkajian Kebudayaan Batak Universitas HKBP Nomensen Manguji Nababan.

Dr Oloan Paniaran Nababan menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan ini, sebagai salah satu cara dalam melestarikan budaya dan membesarkan ulos sebagai salah satu budaya lokal dari masyarakat Batak. “Terimakasih atas kehadirannya di Humbahas, kami sangat mendukung, kiranya perayaan itu berjalan dengan baik. Budaya kita harus tetap kita pertahankan” ucap Oloan Paniaran Nababan sambil melepas rombongan menuju Tapanuli Utara.

Bulan Oktober identik dengan peringatan Hari Batik Nasional. Namun, tampaknya masih banyak yang belum tahu kalau di bulan yang sama Indonesia juga memperingati Hari Ulos Nasional. 17 Oktober, ulos atau kain tradisional khas suku Batak, Sumatera Utara, resmi ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Kemendikbud menetapkan tanggal 17 Oktober sebagai Hari Ulos Nasional. Ulos merupakan wastra (kain tradisional) Nusantara yang bukan sekadar busana. Ulos adalah pemersatu suku Batak yang memiliki makna khusus.

Sebelumnya, Yayasan Pusuk Buhit dan Tim Kerja Hari Ulos Nasional 2023 sudah audensi kepada Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH. (Edy)