Membangun Negeri Lewat Public Speaking: Mahasiswa Universitas Mercubuana Gelar Workshop “Empowering Your Speech” dalam Kegiatan Kuliah Peduli Negeri di MA Annajah

98

PelitaTangerang.com, Jakarta, 30 Oktober 2023 – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Peduli Negeri. Mata kuliah Kuliah Peduli Negeri (KPN) merupakan aplikasi dari kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai social dan kemanusiaan dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Senin, 30 Oktober 2023 kegiatan KPN dilaksanakan di MA Annajah, Jakarta Selatan dengan mengangkat tema Empowering Your Speech melalui fokus bahasan utama pada pengembangan kecerdasan emosional dan pemahaman bahasa tubuh dalam public speaking Dengan upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional dalam public speaking, mahasiswa UMB mengenalkan serangkaian teknik dan strategi yang bertujuan untuk membantu peserta memahami dan mengelola emosi mereka secara efektif. Melalui sesi workshop yang interaktif, peserta didik diberi kesempatan untuk mengenali emosi mereka sendiri serta memahami bagaimana mengelolanya agar dapat menyampaikan pesan dengan lebih jelas dan meyakinkan.Selain itu, dalam memahami bahasa tubuh saat berbicara depan umum, peserta KPN dilibatkan dalam berbagai latihan praktis yang menekankan pentingnya ekspresi fisik dan bahasa tubuh dalam menyampaikan pesan. Melalui praktik langsung dengan tema yang sudah ditentukan, mereka belajar bagaimana menginterpretasikan bahasa tubuh orang lain serta memahami bagaimana mengontrol bahasa tubuh sendiri untuk menampilkan performa terbaik saat public speaking.

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UMB dan pengampu mata kuliah KPN, Ridho Azlam Ambo Asse, M.Ikom, menyatakan, “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari mahasiswa UMB untuk memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat sekitar. Melalui Kuliah Peduli Negeri, kami ingin mendorong dan menginspirasi generasi muda untuk dapat berbicara dengan percaya diri, serta mengambil peran aktif dalam membangun masyarakat” ungkap Ridho.Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 30 siswa SMA yang tergabung kedalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang antusias dan termotivasi untuk meningkatkan keterampilan dalam public speaking. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam sesi diskusi, praktik, dan juga tanya jawab yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

Panitia pelaksana kegiatan KPN, Annisa Rahman menyampaikan “Kami percaya bahwa melalui workshop public speaking ini dapat memberikan wawasan dan keterampilan kepada para peserta agar mereka mampu untuk mengatasi rasa gugup dan mengekspresikan diri dengan percaya diri saat berbicara di depan umum,”.

Melalui kegiatan KPN ini, diharapkan bahwa para peserta dapat menerapkan keterampilan baru yang bermanfaat untuk berbagai aspek kehidupan mereka. Kegiatan KPN ini juga merupakan bentuk komitmen dari UMB untuk terus memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat, serta membantu dalam pembentukan generasi muda yang lebih percaya diri dan peduli terhadap kemajuan sosial.(Aldi)