Pendampingan Wirausaha Digital oleh Mahasiswa Broadcasting Fakultas Komunikasi Universitas Mercu Buana

50

PelitaTangerang.com, Jakarta– Kegiatan Pendampingan Wirausaha Digital diselenggarakan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Broadcasting dalam rangka mengampu mata kuliah Kuliah Peduli Negri. Kegiatan ini diselenggarakan di Toko Plastik Mira, Sawangan, Depok pada hari Selasa (12/12/23).

Kegiatan Pendampingan Wirausaha Digital ini merupakan bentuk dari kegiatan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat.

Dilatarbelakangi majunya teknologi di bidang digital 4.0 membuat Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana ini ingin mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari Universitas. Mereka melaksanakan Pendampingan Wirausaha kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang usahanya ingin dimbimbing untuk bergerak dan beralih ke Era Digital dengan menggunakan e-commerce sebagai wadah untuk mempromosikan produknya.

Mitra yang akan didampingi dalam kegiatan ini adalah Miranda, pemilik Toko Plastik Mira. Toko Plastik Mira merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang jual-beli barang yakni penjualan macam-macam plastik dan bahan-bahan kue.

Dalam pelaksanaan Kegiatan Pendampingan Wirausaha Digital, para Mahasiswa memberikan pembekalan kepada Miranda, tentang perancangan pemasaran produk di market place Shopee dengan menggunakan konten audio-visual, melakukan pendampingan dan teknik untuk membuka ataupun menjalankan market place secara baik dan benar, meningkatkan teknik promosi barang dagangan secara online di market place berdasarkan pembuatan content copywriting, melakukan pendampingan dalam berinteraksi dengan calon customer pada market place, serta membimbing Mitra dalam melakukan pencairan dana dari market place Shopee.

“Terbantu banget. Dengan adanya pendampingan wirausaha dari teman-teman Mercu Buana ini, membuat aku jadi lebih tau gimana sih caranya memasarkan produk di Shopee. Karena dari awal aku buka toko, aku udah pengen bikin toko online tapi gak tau caranya gimana.” Terang Miranda ketika ditanya kesan dan pesan dari kegiatan KPN Pendampingan Wirausaha Digital ini.

Para Mahasiswa Broadcasting yang mengadakan kegiatan ini berharap dengan adanya kegiatan pendampingan wirausaha digital dapat membantu para pelaku UMKM dalam melebarkan jangkauan pasarnya agar dapat ikut bersaring di era digital 4.0. (Sabila Rosyada)