Pemkot Tangerang Rencanakan Pembangunan Lintasan Road Race Beraspal di Sirkuit Selapajang

8

PelitaTangerang.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya meningkatkan fasilitas olahraga di Kota Tangerang. Terbaru, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang merencanakan akan menambahkan lintasan road race beraspal di Sirkuit Selapajang, Neglasari.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang menuturkan, Sirkuit Selapajang dinilai mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi salah satu fasilitas olahraga, khususnya balap motor terbaik di Tangerang Raya dan sekitarnya. Lewat penambahan fasilitas tersebut, Sirkuit Selapajang mampu digunakan untuk berbagai jenis olahraga balap motor, seperti motocross, road race, drag bike, speed way, sampai moto trial.

“Kami telah merencanakan melakukan ‘upgraiding’ fasilitas olahraga, salah satunya Sirkuit Selapajang. Kemarin, kami telah melakukan peninjauan, selanjutnya akan diteruskan ke tahap pengkajian lebih lanjut dan seterusnya,” ujar Kaonang, Selasa, (19/3/24).

Terlebih, Sirkuit Selapajang selama ini telah terbukti berhasil menyelenggarakan kompetisi balap motor (motocross), mulai dari tingkat daerah, regional, sampai nasional. Oleh karenanya, rencana penambahan fasilitas tersebut juga dinilai menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan potensi sport tourism, sportainment, dan sport industry di Kota Tangerang.

“Tidak hanya itu, rencana penambahan fasilitas road race beraspal di Sirkuit Selapajang untuk mampu dimanfaatkan menjadi potensi peningkatan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah lewat kompetisi balap motor yang lebih besar dan beragam,” tambahnya.

Selain itu, rencana penambahan fasilitas tersebut diharapkan mampu membangkitkan gairah olahraga, menghidupkan kompetisi, serta mencetak atlet berprestasi, khususnya di cabang olahraga (cabor) balap motor di Kota Tangerang.

“Rencana penambahan fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan bakat anak-anak muda di ajang dan tempat yang tepat, bukan balapan liar yang menganggu ketertiban umum,” pungkasnya.(Red)