Musrenbang RKPD Kabupaten Tangerang Kecamatan Sindang Jaya Juara1

13

PelitaTangerang.com, Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang menetapkan Kecamatan Sindang Jaya juara 1 pada rangkaian acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tangerang tahun 2025. Penetapan juara tersebut berdasarkan proses penilaian mulai dari kualitas persiapan dan pelaksanaan serta inovasi usulan yang diterapkan pada RKPD)di lingkup kecamatan yang telah dilaksanakan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ujang Sudiartono mengungkapkan, pemenang Musrenbang RKPD akan mendapatkan tambahan pagu anggaran yang telah ditetapkan.

“Tadi sudah diumumkan ada 6 juara yaitu juara harapan satu, dua dan tiga serta juara satu, dua dan 3. Dimana seluruh Kecamatan yang mendapat juara disini akan menerima tambahan pagu anggaran,” ungkapnya saat diwawancarai pada Rabu (20/03/2024) di Aula Utama Garuda, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang.

Ia berharap dengan diumumkannya juara tersebut bisa menjadi pemicu bagi Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan kualitas Musrenbang di tahun berikutnya.

“Harapan ke depan untuk kecamatan yang belum menjadi juara, di Musrenbang berikutnya bisa lebih berkualitas dalam menuangkan ide gagasan sesuai tema yang ditetapkan dalam RKPD, sehingga tidak hanya Kecamatan yang saat ini menjadi juara malah bisa melahirkan Kecamatan lain yang lebih kreatif dan bisa mendapat hadiah, ” harapnya.

Pada wawancaranya Camat Sindang Jaya Galih Prakosa menceritakan kegembiraannya yang berhasil menerima juara 1 dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Tangerang tahun 2025. Dirinya menyebutkan bahwa Kecamatan Sindang Jaya akan terus berupaya meningkatkan kualitas pembangunan dan masyarakat Sindang Jaya.

“Saya bangga telah mendapat juara 1 pada Musrenbang RKPD, ini merupakan suatu kehormatan bagi Kecamatan Sindang Jaya dengan dan saya berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait yang telah memberikan kontribusinya di Musrenbang kali ini,” tuturnya.

Kecamatan Sindang Jaya memiliki potensi lokal berupa pembuatan topi bambu yang bisa digunakan oleh siswa serta peci bambu yang bisa digunakan untuk acara formal, potensi lokal tersebut menjadi keunggulan yang dimasukkan dalam RKPD oleh Kecamatan Sindang Jaya.

Pasalnya peci bambu ini akan menjadi item seragam resmi di Pemerintah Kabupaten Tangerang guna meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat, meningkatkan perekonomian serta menjadikannya sebagai ikon Kabupaten Tangerang. Pengrajin peci bambu Jalaludin Sanafi dari Kampung Pondok merasa senang dengan diangkatnya kerajinan bambu sebagai ikon Kabupaten Tangerang, ia mengaku sudah 8 tahun menjadi pengrajin dan baru kali ini mendapat kesempatan tersebut. Ia berharap dengan kesempatan ini bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, saya merasa bangga peci dan topi bambu ini bisa dikenal banyak orang, sebelumnya peci ini hanya di produksi saat bulan Ramadhan tapi dengan banyaknya permintaan bisa terus diproduksi sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar,” ucapnya.

Sebagai informasi, berikut adalah daftar pemenang pada Musrenbang RKPK Kabupaten Tangerang tahun 2025 tingkat Kecamatan yaitu:

– Juara 1 diraih oleh Kecamatan Sindang Jaya dengan hadiah pagu sebesar Rp. 1.000.000.000
– Juara 2 diraih oleh Kecamatan Gunung Kaler dengan hadiah pagu Rp. 750.000.000
– Juara 3 diraih oleh Kecamatan Kelapa Dua dengan hadiah pagu sebesar Rp. 500.000.000
– Harapan 1 diraih oleh Kecamatan Cikupa dengan hadiah pagu sebesar Rp. 300.000.000
– Harapan 2 Kecamatan Sepatan Timur dengan hadiah pagu sebesar Rp. 300.000.000
– Harapan 3 Kecamatan Jayanti dengan hadiah pagu sebesar Rp. 300.000.000 (D.s)