Kunjungi Pasar Salakan, Presiden Jokowi Tinjau Harga Bahan Pokok di Banggai Kepulauan

6

Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Selasa (26/03/2024).

PelitaTangerang.com, Sulawesi Tengah – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, pada Selasa (26/03/2024). Kunjungan dilakukan untuk meninjau langsung kondisi harga bahan pokok di pasar dan berinteraksi dengan para pedagang.

Dalam keterangannya di hadapan awak media selepas peninjauan, Presiden Jokowi menyebut bahwa sambutan masyarakat Banggai Kepulauan sangat baik dan ramah. Demikian halnya dengan harga sejumlah kebutuhan pokok yang juga terpantau baik.

 

“Ya masyarakat di Kabupaten Banggai Kepulauan sangat ramah, sangat baik dalam menyambut kami semuanya dan tadi saya cek harga-harga kebutuhan pokok juga baik,” ujar Presiden.

“Beras ada yang Rp13 ribu (per kilogram), SPHP dari Bulog juga tersedia di sini, bawang merah Rp35 ribu, bawang putih–memang yang agak mahal bawang putih Rp60 ribu. Tetapi secara umum saya kira harga di sini baik,” sambungnya.

Pedagang di pasar, Ibu Mar’ah, berbagi pengalamannya bertemu dengan Presiden. Ia menuturkan bahwa harga beras bervariasi antara Rp13 ribu hingga Rp15 ribu tergantung merk dan kualitasnya.

“Tanya harga beras, per liter ada yang 15 (ribu rupiah) sintanur. Kalau superwin 14, kadang 13,5,” ungkapnya.

Ibu Emy, pedagang lainnya, menceritakan bagaimana Presiden Jokowi membeli ubi Banggai darinya. “Belanja ubi Banggai,” katanya, menambahkan bahwa harga yang ditawarkan adalah Rp110 ribu, namun Presiden memberikan Rp200 ribu. “Senang. Terima kasih Pak Jokowi,” ungkapnya, menunjukkan rasa syukurnya atas perhatian Presiden.

Syarifuddin, seorang pedagang lain, juga mengungkapkan kegembiraannya dapat bertemu dengan Presiden. Ia tidak menyangka bisa berfoto bersama dengan sosok Kepala Negara.

“Orangnya baik, pekerja keras, semua desa, semua tempat dikunjungi. Kita hari ini memang sangat bersyukur dapat dikunjungi oleh Bapak Presiden,” ucap Syarifuddin.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara peresmian tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir, dan Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir.(***)