Pemkab Tangerang Kembali Gelar Mudik Gratis

18

PelitaTangerang.com, Tangerang – Tradisi mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman memang sudah lekat dengan para perantau di Indonesia. Menurut KBBI, mudik artinya pulang ke kampung halaman, biasanya orang-orang melaksanakan mudik seminggu menjelang lebaran.

Berbicara mengenai mudik, kita diingatkan dengan antrean panjang di setiap moda transportasi baik moda transportasi laut, udara terlebih moda transportasi darat salah satunya menggunakan kendaraan pribadi yaitu motor.

Bagi masyarakat kecil, motor merupakan transportasi alternatif terlebih menjelang idul fitri harga tiket untuk kendaraan umum bisa berkali lipat dari harga biasanya. Mudik di Indonesia telah menjadi tradisi tahunan, mengakar, dan memiliki nilai multidimensi.

Ritual tahunan mudik di masa lebaran memiliki dampak ekonomi besar dan menggerakkan perekonomian. Istilah mudik salah satunya bentukan dari akronim dari istilah Jawa mulih dilik atau pulang dulu. Istilah mudik juga diyakini berasal dari bahasa Betawi udik yang merujuk pada wilayah spasial desa maupun kampung pinggiran. Dalam bahasa Betawi istilah meng-udik atau mudik dapat dipahami secara harafiah sebagai menjadi kampung atau kembali ke kampung.

Pemerintah Kabupaten Tangerang memprediksi banyak masyarakat kabupaten tangerang akan melakukan perjalanan mudik selama Lebaran 2024. Mudik gratis menjadi salah satu upaya manajemen massa dan angkutan, terutama untuk mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan berkendara.

Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2024 sekitar 1.508 orang pemudik diberangkatkan di depan Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang dengan tujuan kota-kota di daerah jawa. Pemberangkatan peserta Mudik Gratis Amgkutan Lebaran dilepas oleh Pj Bupati Andi Ony bersama unsur Forkopimda. Kamis, (4/4/24).

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perhubungan memberangkatkan 26 armada bus menuju kota-kota di 4 propinsi. Kegiatan tersebut bertujuan Tujuan mudik gratis adalah mengakomodasi kebutuhan transportasi/angkutan, mengurangi kepadatan lalu lintas, dan mengurangi risiko kecelakaan berkendara.sehingga masyarakat dapat melaksanakan Idul Fitri 2023 dengan selamat, aman, dan nyaman serta merupakan kegiatan rutin tahunan Pemerintah Kabupaten.

Pj Andi Ony menyebut kegiatan Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2024 menunjukkan komitmen Pemkab Tangerang dan merupakan bentuk kolaborasi dengan Forkopimda Kabupaten Tangerang dalam mendukung program pemerintah membantu masyarakat kabupaten tangerang. Setelah perhelatan Pemilu 2024, masyarakat akan bersuka ria merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Rute yang tersedia pada mudik kali ini adalah keberangkatan tujuan 11 kota di 4 Propinsi yakni wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, dan Jogjakarta dengan Jumlah peserta sekitar 1.508 orang pemudik. layaknya tahun-tahun lalu, volume pemudik terbesar juga berada di Pulau Jawa, baik itu sebagai daerah asal maupun daerah tujuan.

Pihaknya juga memastikan kesiapan seluruh armada dalam melayani angkutan arus mudik Lebaran 2024, dalam kondisi yang baik dan laik operasi sehingga dapat mengantar pemudik ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.Dia pun berpesan kepada seluruh peserta mudik gratis untuk tetap menjaga diri dan barang bawaannya masing-masing.

Lebaran 2024 akan jatuh pada tanggal 10 dan 11 April, dengan hari terakhir puasa adalah pada tanggal 9 April. Sementara cuti bersama untuk para pekerja kantor dan pegawai negeri mencakup tanggal 8, 9, 12, dan 15 April. Bagi anak-anak sekolah yang sudah menuntaskan masa Ujian Tengah Semester (UTS), periode libur akan mencakup tanggal 4–16 April.

Dengan garis waktu demikian, periode mudik Lebaran 2024 dipersiapkan dalam rentang waktu 3 April – 18 April, atau H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran. Survei menunjukkan tiga tanggal dengan potensi volume arus mudik terbesar, yakni pada Sabtu, 6 April 2024, Minggu, 7 April 2024 dan puncaknya pada Senin, 8 April 2024 Sementara itu, puncak arus balik kembali ke kota akan terjadi pada Minggu, 1415 April 2024. Berbeda dengan arus mudik, volume arus balik terbesar justru diperkirakan terjadi di luar periode mudik Lebaran 2024..

Harapan kami para pemudik sampai ke tujuan atau kota masing-masing dengan aman, nyaman, dan selamat sehingga bisa merayakan Lebaran Idul Fitri bersama orang-orang tercinta di kampung halaman.(Adv)