Camat Balaraja Bersama FKDM Gelar Rapat Mekanisme Penanganan Gangguan Masalah Sosial

3

PelitaTangerang.com, Tangerang – Kecamatan Balaraja meminta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat Desa dan Kelurahan khususnya di wilayah Kecamatan Balaraja, agar terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi di lingkungan masing-masing untuk mengatasi munculnya masalah sosial melalui Kecamatan.

“Kegiatan hari ini dalam rangka menyusun standar operasional prosedur bagaimana mekanisme dari kerja-kerja FKDM mulai dari tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten,” kata Camat Balaraja Willy Patria, saat memimpin rapat di Aula Kecamatan Balaraja, Rabu (15/05/2024).

Ia menyampaikan, FKDM menjadi penting karena merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan kondisi dan situasi lingkungan yang aman dan nyaman yang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Setiap elemen masyarakat dan pemerintah perlu berpartisipasi dalam bentuk kerelawanan sebagai upaya penanggulangan bencana alam maupun penyimpangan sosial yang merugikan masyarakat. Oleh sebab itu rekan-rekan FKDM Desa dan kelurahan agar melaporkan atau menginformasikan kejadian-kejadian yang beridikasikan potensi konflik bahkan ancaman,” ungkapnya.

Willy menegaskan, dengan adanya sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan kali ini senada dengan proyek perubahan yang di gagas oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum Pada Sekretariat Daerah, Ibu Prima Saras Puspa, SH. MM dengan judul “Sinergitas Tatalaksana Kewaspadaan Dini Masyarakat dalam Penanganan Kejadian dan Potensi Konflik Sosial”.

“Berharap, ini bisa memotivasi dari Kecamatan lain untuk melakukan hal yang sama agar menciptakan rasa aman, kondusif dan tertib di wilayah Kabupatan Tangerang di setiap kegiatan masyarakatnya. Mungkin kira-kira itu yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan Kabupaten Tangerang semakin gemilang,” tutup dia.(D.s)