Lewat Rembug Warga, Benyamin Ajak Masyarakat Bersinergi Ciptakan Suasana Aman dan Kondusif

11

PelitaTangerang.com, Tangsel – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie bersama Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tangsel AKBP Ibnu Bagus Santoso dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkumpul bersama masyarakat dalam kegiatan Rembug Warga.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka memperkuat sinergi bersama masyarakat dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Tangerang Selatan. Rembug warga digelar di wilayah Pondok Aren, pada Rabu malam (22/05/2024).

Dalam kesempatannya, Benyamin mengatakan bahwa sinergitas menjadi hal utama dalam menciptakan suasana yang kondusif. Terutama dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban umum.

“Luar biasa ya, melalui sinergitas problem-problem di lapangan dan di masyarakat bisa kita temukan dan bisa kita atasi. Pak Kapolres ini luar biasa, beliau keliling, kemudian pos-pos ronda itu beliau pantau dan bersama dengan itu semua kami (Pemkot Tangsel-Red.) juga menugaskan aparat kewilayahan,” ucap Benyamin.

Menurutnya, dalam menjalankan roda pemerintahan saat ini, sinergitas dengan seluruh stakeholder sangatlah penting. Apalagi di tengah perkembangan zaman yang menuntut pemerintah agar dapat bekerja dengan cepat.

“Hal sinergitas dapat terlihat ya di masa kepemimpinan Pak Ibnu selaku Kapolres, hal-hal besar dapat kita ungkap ya. Banyak persoalan-persoalan di masyarakat dapat kita selesaikan,” ujarnya.

Persoalan-persoalan yang muncul di tengah masyarakat juga mengharuskan seluruh perangkat kewilayahan untuk benar-benar mengenal lingkungannya. Hal ini diperlukan untuk mencegah sesuatu yang tidak diingkan.

“Intinya bersama ya, Pak RT/RW untuk lebih lagi mengenal lingkungannya, masyarakat terdekatnya. Siapa penduduk barunya, siapa pendatang barunya, siapa yang keluar dari lingkungannya dan sebagainya,” terangnya.

Oleh karenanya, Benyamin berpesan dalam mengatasi persoalan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) tidak bisa dibebankan hanya kepada kepolisian, dibutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Kamtibmas ini upaya kita bersama, tidak hanya dibebankan kepada kepolisian saja. Tetapi semua kita terlibat, minimal di skala terkecil di rumah-rumah itu sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, dalam rembug warga tersebut Kapolres Tangsel, AKBP Ibnu Bagus Santoso memberikan pesan Kamtibmas terkait keamanan lingkungan, tawuran, pengaruh negatif media sosial (medsos) dan narkoba.

“Kegiatan ini yang utama adalah Kami silaturahmi,kemudian kami mengedukasi kembali terkait keamanan lingkungan. Alhamdulillah kegiatan siskamling atau ronda berjalan dengan baik,” terang AKBP Ibnu.

“Informasi sekarang sangat luar biasa dan mudah diakses di medsos, agar diseleksi jangan mudah terprovokasi oleh berita hoaks maupun isu sara,” lanjutnya.

Terkait tawuran dan narkoba, Kapolres Tangsel berpesan para orang tua lebih peduli dengan anaknya, termasuk alat komunikasi dan pergaulan anak-anaknya.

“Pesan kami sama-sama kita jaga keamanan karena keamanan suatu keutamaan yang kita butuhkan,” tutupnya.(Red)