Kampung Saung Bojong Jadi Pelopor: Inisiatif Bersama untuk Sungai Bersih di Kabupaten Serang

4

PelitaTangerang.com, Serang – Kepala UPT Persampahan Kabupaten Serang, Istianah, bersama masyarakat Pers melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai di Kampung Saung Bojong, Desa Telaga, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang. Kegiatan ini berlangsung selama dua minggu berturut-turut, tepatnya pada Kamis, 20 dan 24 Juni 2024 lalu. Dalam kegiatan ini, satu armada angkutan sampah beserta lima tenaga kebersihan di terjunkan.

Istianah menyatakan pentingnya menjaga kebersihan sungai sebagai upaya untuk mencegah banjir dan menjaga kesehatan lingkungan. “Bersih-bersih sungai ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya banjir. Sungai yang bersih juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan warga sekitar,” kata Istianah ke wartawan, Selasa 25 Juni 2024.

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk Pokja Konstituen Dewan Pers Provinsi Banten dan warga setempat. Bersama-sama, membersihkan sampah yang menumpuk di sungai, memperbaiki aliran air, dan melakukan edukasi kepada warga mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Istianah pihaknya  menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Firdaus, Direktur Journalist Boording School (JBS) dan Pokja Konstituen Dewan Pers Banten.
“Kegiatan ini menjadikan sungai yang bersih dan membuat lingkungan akan lebih nyaman dan sehat.

Istianah berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Serang untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin dan menjadi budaya di masyarakat,” tutur Istianah.

“Kita akan secara konsisten bersama masyarakat pers, turut serta membersihkan sungai. Setiap minggu kami akan menurunkan tim sampah untuk turut bersama masyarakat pers dan kelurahan serta warga,” tambahnya.

“Untuk itu kami mohon agar teman-teman pers membuat agenda rutin bersama aparatur desa setempat untuk membersihkan sungai,” sambung Istianah kembali.

Melalui kolaborasi antara pemerintah, organisasi, dan masyarakat, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitar akan semakin meningkat, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan nyaman untuk semua.(***)